4 Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa di Charge dengan Mudah

iPhone tidak dapat di charge sebenarnya sudah dicolok listrik semalaman ? Yak persoalan klasik ini memang lumayan sering dirasakan oleh pemakai hp baik Android maupun iPhone. Hp tidak dapat di charge ialah salah satu masalah yang sangat sering dirasakan setelah memakai hp dalam masa-masa lama. Penyebabnya ada tidak sedikit dan untuk memahami apa penyebabnya, anda perlu memperhatikan sejumlah komponen iPhone yang bersangkutan dengan pengisian daya. Kalau iPhone anda mengalami masalah ini, tidak boleh buru-buru bawa ke service center sebab siapa tahu dapat diperbaiki sendiri.

Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa di Charge

1. Cek Kabel dan Adaptor Charger

Kalau iPhone tidak dapat di charge, jajaki cek situasi kabel USB dan adaptor charger. Meski dikenal sebagai hp mahal, bukan berarti seluruh komponen penyokong iPhone punya kualitas bagus. Kabel charger iPhone sangat sering dikeluhkan tidak sedikit pemakai sebab mudah rusak. Penyebab kabel charger iPhone gampang rusak ialah karena tidak memakai bahan PVC sehingga gampang terkelupas. Di samping itu, leher kabel tidak dilengkapi strain relief sehingga saat kabel tertekuk, unsur leher (sambungan kabel ke konektor) kabel lebih gampang patah.

iPhone Tidak Bisa di Charge

Nah andai kamu menemukan kehancuran pada kabel atau adaptor charger, lumrah saja iPhone tidak dapat di charge. Bagi meyakinkan kabel dan adaptor rusak, pakai untuk isi daya iPhone lain. Jika hp iPhone beda tidak dapat di charge juga, dapat dipastikan kabel dan adaptor anda rusak. Segera beli kabel dan adaptor baru yang bersertifikat MFI (Made for iPhone/iPad/iPod).

2.  Cek Konektor atau Charger Port Lightning

Kalau kabel dan adaptor charger anda tidak bermasalah, dapat jadi penyebab iPhone tidak dapat di charge ialah karena port pengisian daya atau charger port kotor. Port charger yang kotor sebab debu dapat menggangu proses pengisian daya. Debu yang menumpuk pada konektor dapat menghalangi arus listrik antara pin konektor pada iPhone dan pin charger pada kabel USB.

iPhone Tidak Bisa di Charge

Cara mencuci port Lightning pada iPhone paling mudah. Pertama siapkan kain tipis halus dan bersih. Bersihkan masing-masing celah port Lightning dengan seksama. Setelah itu, tiup port Lightning dengan mulut atau blower kecil. Jika situasi port telah bersih, jajaki colokan kabel charger ke iPhone kembali.

3. Coba Factory Reset iPhone

Jika iPhone anda masih tidak dapat di charge, jajaki restart ulang iPhone kamu. Jika sesudah di restart iPhone tetap tidak dapat diisi ulang dayanya, jajaki reset ulang iPhone kamu. Reset atau factory reset ialah mengembalikan iPhone ke penataan pabrik. Factory reset bakal menghapus seluruh setingan dan eror yang terjadi pada iPhone. Factory reset perlu diusahakan karena siapa tahu penyebab iPhone tidak dapat di charge ialah karena terdapat eror pada iPhone.

iPhone Tidak Bisa di Charge

Sebelum mengerjakan factory reset, pastikan data-data iPhone telah di backup ke komputer atau layanan iCloud. Cara factory reset iPhone berbeda-beda tergantung tipe atau model iPhone. Bagi mengetahui teknik factor reset iPhone lebih lengkap dapat klik di sini.

4. Update iOS iPhone

Pada Oktober 2018, pemakai iPhone Xs dan Xs Max merasakan bug serius yang mengakibatkan perangkat tidak dapat di charge secara normal. Walaupun telah dicolok ke listrik, layar tidak menunjukan kedudukan baterai sedang terisi. Yang lebih parah, meskipun sudah dipenuhi ulang lama baterai iPhone tidak dapat di charge sama sekali. Setelah diselidiki, ternyata penyebab masalah ini ialah karena terdapat bug pada sistem operasi iOS 12 yang diluncurkan sebulan sebelumnya.

iPhone Tidak Bisa di Charge

Untuk menanggulangi masalah ini, Apple langsung merilis update teranyar sistem operasi iOS 12.01. Pembaharuan sistem operasi ini membetulkan masalah charging pada iPhone Xs dan Xs Max ketika dihubungkan ke listrik.  Dari kejadian ini, dapat disimpulkan bahwa tidak selamanya penyebab iPhone tidak dapat di charge sebab masalah hardware. Faktor aplikasi (piranti lunak) dapat juga menjadi penyebab iPhone tidak dapat di charge.

Informasi tentang bug pada piranti empuk iOS pada iPhone dapat kamu cari tahu dari forum atau portal berita. Atau andai ada pemakai iPhone di sekitarmu yang merasakan hal serupa, dapat jadi penyebab sebetulnya iPhone tidak dapat di charge ialah karena ada persoalan di piranti lunak. Sejauh pengetahuan Sultan, Apple lumayan cepat merespon dan membetulkan bug di iOS. Jadi tak butuh khawatir bila ada tantangan pada iOS di iPhone, yang butuh dilakukan ialah sabar menantikan update iOS terbaru.

Sumber : HpSultan

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa di Charge dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia