Sempat Gangguan, Layanan Telepon dan SMS Telkomsel di Papua Mulai Pulih

Teknologi Masa Depan - Setelah sempat merasakan gangguan, operator seluler Telkomsel menuliskan bahwa layanan SMS dan teleponnya di distrik Papua sekarang mulai normal kembali.

Melalui penjelasan resmi yang diayunkan ke KompasTekno, Jumat (30/8/2019), VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, menyatakan bahwa untuk kini Telkomsel konsentrasi mengamankan aset Telkomsel dan Telkom Group.

"Saat ini layanan telepon dan SMS Telkomsel di sebanyak titik di Papua telah berangsur pulih. Telkomsel terus berupaya mengerjakan percepatan pemulihan layanan telepon dan SMS secara optimal," ungkap Denny.

Baca juga: Jumat Pagi, Layanan Seluler di Jayapura Masih Gangguan

Selain tersebut dalam penjelasan yang sama, Denny pun menegaskan bahwa sampai ketika ini kantor GraPARI Telkomsel di Jayapura masih belum bisa dioperasikan.

Sebelumnya, massa yang kembali mengerjakan aksi demo di Jayapura, Papua mengerjakan pembakaran terhadap sejumlah kemudahan publik, tergolong kantor Telkom, kantor pos dan suatu SPBU.

"Kantor layanan Telkomsel (GraPARI) di kota Jayapura belum bisa beroperasi sampai waktu yang belum bisa ditentukan, tetapi pelanggan tetap bisa memanfaatkan layanan call center di nomor 188," tambah Denny.

Di samping itu, Denny pun mengatakan bahwa Telkomsel masih mengerjakan pembatasan akses internet terhadap pemakai di distrik Papua dan Papua Barat cocok dengan instruksi dari pemerintah.

Baca juga: Layanan SMS dan Telepon XL di Papua Terganggu sebab Pemadaman Listrik

Pihak Telkomsel tidak bisa meyakinkan hingga kapan pembatasan itu akan dilakukan.

"Pemblokiran sedangkan layanan Data Telekomunikasi di propinsi Papua dan Papua Barat, masih berlanjut sampai suasana Tanah Papua pulang kondusif dan normal," kata Denny.

"Telkomsel sebagai operator penyedia layanan telekomunikasi mengekor perintah yang telah diputuskan pemerintah tersebut," pungkasnya.

Tidak ada kepandaian pemutusan telepon dan SMS

Sebelumnya, penjelasan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika melafalkan bahwa layanan seluler Telkomsel di Papua terganggu sebab putusnya kabel serat optik di sejumlah wilayah di Jayapura.

Di samping Telkomsel, dua operator lain, yaitu XL Axiata dan Indosat, turut merasakan gangguan layanan telepon dan SMS di Papua dampak padamnya aliran listrik ke menara pemancar sinyal (BTS).

Dari pihak pemerintah, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku tidak ada kepandaian pemutusan sedangkan layanan suara atau SMS di Papua, melulu layanan data internet seluler saja yang dibatasi.

Baca juga: Layanan Telepon dan SMS Indosat di Papua Sudah Kembali Normal

Belum jelas kapan Kementerian Kominfo bakal kembali membuka akses internet di distrik Papua.

Gangguan layanan telepon dan SMS operator terjadi sesudah aksi demo di Jayapura, Papua pada Kamis (29/8/2019) kemarin, yang dibuntuti ratusan orang dari sekian banyak lokasi,

Aksi itu merupakan format protes terhadap sangkaan tindak rasisme terhadap mahasiswa Papua.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Sempat Gangguan, Layanan Telepon dan SMS Telkomsel di Papua Mulai Pulih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia