Perkembangan Terkini Kondisi Layanan Seluler di Papua

Teknologi Masa Depan - Setelah aksi demo yang pulang terjadi pada Kamis, (29/8/2019), layanan telepon dan SMS operator seluler di distrik Papua sempat merasakan gangguan. Jaringan seluler Telkomsel terganggu sebab putusnya kabel serat optik di sejumlah titik di Jayapura.

Siang ini, Sabtu (31/8/2019), dalam penjelasan yang diayunkan ke KompasTekno, operator seluler pelat merah tersebut mengatakan layanan telepon dan SMS di Jayapura telah 90 persen beroperasi normal atau nyaris pulih sepenuhnya.

Baca juga: Sempat Gangguan, Layanan Telepon dan SMS Telkomsel di Papua Mulai Pulih

"Telkomsel pun tetap menyiagakan tim/petugas serta berkoordinasi dengan Posko Krisis Telkom Group guna meyakinkan layanan telekomunikasi dapat segera dinikmati secara keseluruhan," ujar VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.

Dia menambahkan bahwa kantor layanan Telkomsel di kota Jayapura masih belum dapat beroperasi. Namun layanan call center di nomor 188 masih dapat digunakan pelanggan guna mendapatkan pelayanan. Adapun akses data internet Telkomsel masih ditutup di Papua.

Di samping Telkomsel, dua operator beda yang melangsungkan layanan di Papua, yaitu Indosat Ooredoo dan XL Axiata, turut merasakan gangguan sebab padamnya aliran listrik ke pemancar sinyal (BTS). Namun, gangguan dampak mati listrik tersebut sudah dapat diatasi pada Jumat kemarin.

Baca juga: Layanan SMS dan Telepon XL di Papua Terganggu sebab Pemadaman Listrik

"Listrik di Jayapura sudah kembali hidup, sampai-sampai seluruh layanan XL Axiata di Jayapura pun telah pulang normal dan dapat dipakai untuk berkomunikasi kembali," ujar Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih lewat penjelasan tertulis.

Begitupun dengan Indosat yang mengaku bahwa layanan SMS dan teleponnya di Papua sudah kembali normal semenjak kemarin pagi, namun akses internet masih dblokir.

"Untuk layanan data (internet), Indosat Ooredoo senantiasa menaati arahan dari pemerintah RI melewati Kememterian Komunikasi dan Informatika berhubungan pembatasan layanan telekomunikasi data di Papua," ujar SVP-Head of Corporate Communications Indosat Turina Farouk.

Baca juga: Kominfo Blokir Penuh Akses Internet di Papua dan Papua Barat, Sampai Kapan?

Untuk sedangkan ini, dalam rangka meredam peredaran hoaks, kesemua operator seluler memang masih menutup akses internet di Papua. Belum diketahui kapan pemblokiran internet bakal dibuka.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebelumnya menegaskan bahwa melulu layanan data internet seluler saja yang ditutup di Papua, sedangkan telepon dan SMS tetap berlangsung dengan normal laksana biasa.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Terkini Kondisi Layanan Seluler di Papua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia