Asmat Jadi Daerah Pertama di Papua Nikmati Palapa Ring Timur

ASMAT, Teknologi Masa Depan - Distrik Agats Kabupaten Asmat, Papua menjadi kota kesatu yang merasakan jaringan internet menggunakana kemudahan Palapa Ring Paket Timur.

Pemanfaatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan pencanangan TV digital di perbatasan yang dilangsungkan pada Sabtu (31/8/2019) di Nunukan, Kalimantan Utara.

Direktur Sumber Daya dan Administrasi Badan Aksesibilitas dan Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Fadhilah Mathar mengatakan, satelit Palapa Ring memang ditujukan guna wilayah yang terpencil, terluar dan terbelakang atau dikenal dengan 3T.

"Poin dari pekerjaan ini inginkan menggaungkan bahwa digital dan internet tidak melulu konsumsi masyarakat urban, tapi pun dapat di distrik 3T," ujar Fadhilah saat didatangi di Agats, Asmat.

Dalam video conference yang dilaksanakan dari Nunukan dan ditayangkan langsung di Asmat, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, Palapa Ring bakal menghubungkan seluruh kabupaten/kota di semua Indonesia. Tepatnya, ada selama 514 kabupaten/kota.

Baca juga: Palapa Ring Timur Jadi yang Paling Sulit dan Mahal

"Konstruksi Palapa Ring baru berlalu 14 Agustus kemarin. Sekarang disinkronisasi dengan Palapa Ring Barat dan Tengah," kata Rudiantara.

Dengan terkoneksinya tiga jaringan Palapa Ring tersebut, maka jaringan internet yang diterima masyarakat di kota besar sampai terpencil tak lagi terdapat kesenjangan.

Hal tersebut, kata Rudiantara, diperlihatkan dengan lancarnya video conference di dua zona bertolak belakang tersebut tanpa terputus ataupun delay.

"Ini mengindikasikan tidak terdapat perbedaan kota besar, kota kecil, pegunungan, kita dapat lakukan komunikasi dengan teknik ini," kata Rudiantara.

Sementara itu, Bupati Asmat Elisa Kambu menyambut baik pengoperasian satelit Palapa Ring Timur dan menjadikan Asmat sebagai kota kesatu yang menikmatinya.

Elisa mengatakan, salah satu keperluan masyarakat di Asmat memang jaringan komunikasi yang lebih baik.

Selama ini, cakupan internet memang telah masuk ke Asmat, tetapi kapasitasnya paling terbatas.

Baca juga: Telkomsel Lirik Palapa Ring Tengah dan Timur

"Saya harap sesudah acara ini mesti dioperasikan lah. Kita susah pun untuk mencapai saudara beda di luar sana," kata Elisa.

Di samping itu, Elisa bercita-cita pengoperasian Palapa Ring pun memberi ruang untuk operator selular beda masuk ke Asmat. Sebab, ketika ini operator yang hanya dapat diakses di sana melulu Telkomsel.

"Palapa Timur diinginkan diberi ruang agar operator lain dapat akses ini sampai-sampai pemanfaatan pelayanan masyarakat, pemerintah, sekolah, seluruh database dapat gampang," kata Elisa.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Asmat Jadi Daerah Pertama di Papua Nikmati Palapa Ring Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia