Smartphone Nokia Ternyata Lebih Update Dibanding Samsung

Teknologi Masa Depan - Meski pamornya sekarang tak sepopuler brand ponsel lain, Nokia ternyata enggan kalah dalam adu cepat pembaruan sistem operasi Android.

Merek smartphone yang sedang di bawah naungan HMD Global tersebut dinobatkan sebagai vendor smartphone yang sangat cepat merilis update Android dikomparasikan merek besar lainnya, laksana Samsung.

Gelar itu dinobatkan sesudah lembaga penelitian Counterpoint merilis laporan terbarunya. Dalam laporannya, sejumlah 96 persen perlengkapan Nokia sekarang sudah memakai sistem operasi Android 9.0 Pie, sedangkan 4 persen sisanya masih Android 8.1 Oreo.

Berdasarkan keterangan dari Counterpoint, angka itu dihitung sekitar periode penjualan di kuartal tiga (Q3) 2018 sampai akhir kuartal dua (Q2) 2019.

Angka 96 persen tersebut didapatkan dari kombinasi perlengkapan lama yang yang mengerjakan update sistem operasi, maupun perlengkapan baru yang telah dipasangi OS Android 9.0 (pre-install) saat dijual.

Baca juga: Mantan Pegawai Ungkap Sebab Kegagalan Nokia Windows Phone

Bercermin dari brand lain, angka itu terbilang paling tinggi dan berselisih nyaris 10 persen ketimbang brand lainnya.

Samsung yang menempati peringkat kedua, mempunyai 89 persen smartphone dengan Android Pie. Banyaknya seri smartphone yang dipunyai Samsung, mulai dari flagship sampai low-end, bisa jadi membuat persentase itu menjadi lebih kecil bila dikomparasikan dengan Nokia.

Posisi berikutnya dipenuhi oleh vendor smartphone Xiaomi dan Huawei, yang setiap dengan angka 84 persen dan 82 persen.

Peter Richardson, Direktur Penelitian Counterpoint menuliskan bahwa pembaruan sistem operasi dan keamanan, ialah dua aspek yang mendapat perhatian relatif lebih kecil dari smartphone Android.

Sumber : KOMPAS

Baca Juga di Welasan.id

Belum ada Komentar untuk "Smartphone Nokia Ternyata Lebih Update Dibanding Samsung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia