Ada Palapa Ring, Warga Asmat Tak Perlu ke Kota Cari Internet

JAKARTA, Teknologi Masa Depan - Bupati Asmat Elisa Kambu bercita-cita beroperasinya jaringan Palapa Ring Timur akan menciptakan koneksi internet di Papua, terutama Asmat, lebih baik lagi.

Selama ini, masih ada penduduk Asmat yang kendala mengakses internet, sebab cakupannya tidak luas dan berat guna mengaksesnya.

Pemerintah kabupaten pun mengalami tantangan untuk berkoordinasi dengan pemerintah wilayah dan pemerintah pusat. Apalagi andai saat cuaca sedang buruk, sinyal internet dan GSM juga kadang ikut terdampak.

"Dengan ini bila jaringan ini dapat baik, terkoneksi dengan baik, tidak terdapat halangan, anda tidak perlu ke kota (dapat sinyal internet). Tapi di tempat anda sendiri bisa," ujar Elisa saat didatangi di lapangan Polres Asmat, Papua, Sabtu (31/8/2019).

Bagi Elisa, adanya inklusi internet di distrik Asmat memiliki akibat positif mauapun negatif. Negatifnya, kata dia, untuk warga yang belum siap memakai internet dengan sehat, maka bakal menyalahgunakannya guna hal negatif.

Baca juga: Pendidikan dan Kesehatan Jadi Fokus Pemanfaatan Palapa Ring di Asmat

Meski begitu, ia mengakui lebih tidak sedikit kelebihan yang didapat dari lancarnya koneksi internet. Terutama untuk pemerimtah kabupaten. Hal ini yang Elisa harapkan dengan adanya jaringan Palapa Ring Timur.

"Semua hal lembaga pemerintahan, pelayanan, dan pekerjaan ekonomi seluruh sudah digital. Kita dapat melakukan komunikasi, koordinasi untuk membina daerah, khususnya di Asmat," kata Elisa.

Apalagi, di era ini, akuntabilitas pelaksana pemerintahan menjadi nomor satu. Transparansi pun dikedepankan untuk menunjukkan bahwa sebuah lembaga atau instansi pemerintah itu memang akuntabel.

Dengan akses internet yang lebih mudah, maka kinerja pemerintah juga dapat lebih transparan untuk masyarakat.

Asmat diandalkan sebagai kabupaten kesatu yang menikmati guna jaringan kabel optik Palapa Ring Timur tersebut.

Baca juga: Palapa Ring Timur Jadi yang Paling Sulit dan Mahal

"Asmat paling bersyukur, pintu masuk ke yang beda ke Papua tersebut lewat Asmat," kata dia.

Elisa pun mengeluhkan terbatasnya operator yang masuk ke Asmat dan mayoritas wilayah Papua. Saat ini, jaringan operator yang hanya dapat diakses di sana melulu Telkomsel.

Elisa bercita-cita pengoperasian Palapa Ring pun memberi ruang untuk operator selular beda masuk ke Asmat.

"Dengan jaringan optik ini anda harapkan tidak sedikit operator yang bakal tertarik. Asmat ini menjanjikan lah, sebab orang yang terdapat di Asmat pun sebagian dari luar. Mereka punya family di luar yang butuh berkomunikasi," kata Elisa.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Ada Palapa Ring, Warga Asmat Tak Perlu ke Kota Cari Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia