Penyebab Layanan Telepon dan SMS Telkomsel Sempat Terputus di Jayapura

JAKARTA, Teknologi Masa Depan - Operator seluler Telkomsel mengungkap penyebab putusnya jaringan telepon dan SMS di Jayapura pada minggu lalu, menyusul aksi demonstrasi besar-besaran di sejumlah wilayah di papua.

Berdasarkan keterangan dari Telkomsel, layanan telepon dan SMS tidak bermanfaat secara normal sebab sejumlah pemancar sinyal (BTS) yang mati. Sebabnya terdapat kabel optik yang terbakar.

"Jadi kemarin tersebut ada fiber optic yang terbakar, di darat, tidak cukup lebih di Abepura," kata General Manager External Corporate Communication Telkomsel, Aldin Hasyim didatangi di kantor pusat Telkomsel, Senin (2/9/2019).

Baca juga: Perkembangan Terkini Kondisi Layanan Seluler di Papua

Kabel serat optik sebagai backbone jaringan telekomunikasi seluler, memang tidak saja digelar di laut saja, namun pun di darat. Kabel-kabel ini yang menghubungkan jaringan antar BTS di darat.

Berdasarkan keterangan dari Aldin, ketika ini bermukim 2 persen saja BTS Telkomsel yang terputus. Pihak Telkomsel mencoba jaringan telepon dan SMS di Jayapura bakal pulih sepenuhnya dalam 1 sampai 2 hari ke depan.

Di samping layanan telepon dan SMS, akses data internet Telkomsel di Papua masih masih ditutup dan menantikan kepastian dari Kementerian Komunikasi dan Informatika soal kapan boleh dimulai lagi.

Baca juga: Kominfo Blokir Penuh Akses Internet di Papua dan Papua Barat, Sampai Kapan?

Sebelumnya, layanan telepon dan SMS Telkomsel di Jayapura merasakan gangguan semenjak Kamis (29/8/2019), tetapi berangsur pulih berpulang kepada akhir pekan lalu.

Gangguan tersebut terjadi sebagai imbas dari aksi massa yang terjadi di Jayapura. Dalam aksi itu, massa menghanguskan Gedung Layanan TelkomGroup, tergolong kantor layanan atau GraPARI Telkomsel.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Layanan Telepon dan SMS Telkomsel Sempat Terputus di Jayapura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia