Wiranto: Blokir Internet di Papua Akan Dicabut 5 September

Teknologi Masa Depan - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menuliskan blokir internet di Papua dan Papua Barat akan ditarik keluar pada 5 September mendatang, dengan daftar situasi kemanan telah kondusif.

Hal itu dikatakan oleh Wiranto saat menyampaikan penjelasan pers bersangkutan situasi terkini di Papua, di Jakarta, Selasa (3/9/2019). "Tadi telah koordinasi dengan Kapolri, Panglima TNI, bila sekarang ditarik keluar bagaimana?" ujar Wiranto.

Berdasarkan keterangan dari Menko Polhukam, situasi di Papua ketika ini hoaks telah berkurang, hasutan-hasutan sudah nyaris tidak ada, susananya ingin positif dan stabil.

Baca juga: Perkembangan Terkini Kondisi Layanan Seluler di Papua

Namun dari informasi yang didapat dari analisis prediksi keamanan, pemerintan masih memerlukan waktu guna meyakinkan keadaan.

"Tanggal 5 (September) nanti bila keadaan sungguh-sungguh masih kondusif, anda buka pulang internet," ujar Wiranto.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan informatika menurutup akses internet di distrik Papua dan papua Barat pada Rabu (21/8/2019).

Keputusan ini dipungut dengan dalil untuk mempercepat proses pemulihan situasi ketenteraman di sana, menyusul kerusuhan yang terjadi di sebanyak wilayah.

Baca juga: Kominfo Blokir Penuh Akses Internet di Papua dan Papua Barat, Sampai Kapan?

“Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyimpulkan untuk mengerjakan pemblokiran sedangkan layanan data komunikasi mulai Rabu (21/8) sampai suasana tanah Papua pulang kondusif dan normal," ujar Plt. Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu, saat itu.

Hanya akses internet saja yang ditutup di Papua dan Papua Barat, layanan telepon dan SMS operator seluler tetap dapat digunakan dengan normal.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Wiranto: Blokir Internet di Papua Akan Dicabut 5 September"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia